Welcome My Blog, Selamat membaca :)

Selasa, 24 September 2013

Termodinamika UMM


Termodinamika mempelajari pengaruh dari kerja, aliran panas, dan energi dalam sistem dan perubahan perpindahan energi termal/kalor.
Sifat pembatas :
o   Pembatas adiabatik : tidak ada pertukaran kalor anatara sistem dan lingkungan
o   Pembatas tegar : tidak ada kerja baik dari sistem terhadap lingkungan ataupun dari lingkungan terhadap sistem
Energi termal dan temperatur
·         energi termal/kalor adalah energi kinetik yang melintas dari sistem ke sistem yang lain akibat adanya perbedaan temperatur (joule)
·         temperatur adalah rata-rata energi kinetik partikel di dalam satu sistem-bukan jumlah total energi  kinetik partikel (derajat)

Perpindahan panas
Panas dapat diketahui dari tempat dengan temperatur lebih tinggi ke temperatur yang lebih rendah. Jadi pemberian atau pengurangan panas tidak saja mengubah temperatur atau fasa zat suatu benda secara lokal, melainkan panas itu merambat ke atau dari bagian lain benda atau tempat lain. Peristiwa ini disebut perpindahan panas.
Metodenya meliputi :
·          
Konduksi     
transfer energi kinetik antar atom melalui proses tumbukan, atom yang memiliki energi kinetik rendah dapat mengalami kenaikan energi melalui proses tumbukan dengan atom yang memiliki energi kinetik.
Contoh : ketika tangan kita kedinginan kita akan merasa nyaman memegang gelas panas atau pada saat panas kita berbaring di atas lantai yang sejuk
·          
Konveksi
Transfer energi akibat pergerakan dari zat/fluida (udara), pada konveksi kalor, molekul-molekul yang menghantarkan kalor ikut bergerak sesuai dengan gerak aliran kalor. Aliran kalor terjadi pada fluida (zat cair dan gas) yang molekul-molekulnya mudah bergerak.
Contoh : kita akan merasa nyaman bila terkena hembusan angin pada saat kita berkeringat.
·     
    Radiasi
Radiasi tidak memerlukan kontak fisik, semua benda meradiasikan energi secara kontinyu dalam bentuk gelombang elektromagnetik akibat dari vibrasi termal molekul. Radiasi kalor adalah kalor yang di hantarkan dalam bentuk radiasi gelombang elektromagnetik. Energi radiasi per satuan waktu persatuan luas, yang di pancarkan oleh suatu benda di sebut daya radiasi
Contoh : termometer radiasi mengukur intensitas dari radiasi infra merah dari gendang telinga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar